Teknologi Augmented Reality dalam Mengembangkan Kreativitas pada Anak Usia Dini pada Masa Covid-19

Authors

  • Dera Puspawati Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Suyadi Suyadi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.324

Keywords:

Teknologi, Augmented Reality, Krativitas anak,

Abstract

Perkembangan teknologi dinilai sangat penting dalam bidang pendidikan pada masa covid-19, perubahan gaya belajar pada masa covid-19 mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman dalam pembelajaran yang menggunakan teknologi, agar perkembangan anak bisa berkembang dengan baik, maka harus menggunakan pembelajaran yang menarik salah satunya dengan menerapkan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran bagi anak. Anak membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui teknologi augmented reality dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini dimasa covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan informasi serta melakukan observasi di PAUD Saadatudarain Gaung, terkait tentang teknologi augmented reality dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini pada saat covid-19. Dalam tulisan ini menyatakan bahwa teknologi sangat berperan penting dalam pengembangan kreativitas pada anak karna dapat menarik dan perhatian minat belajar anak serta menambah imajinasi kreativitas pada anak.

References

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

“Erni Munastiwi. (2012). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Multimedia Berbasis Web Tehadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Anak. 152-154.”

Erni Munastiwi. (2020). Menejemen Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Hijas Pustaka Mandiri.

Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar Ruzz Media., n.d.

Febrialismanto, Ria Novianti. “Analysis Of Early Childhood Education Teacher Professional Competency In Kampar Regency, Riau Province” 6 (2017): 16.

Hamzah B, Dkk. (2011). Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan, Kreatif,Efektif, Menarik. Jakarta: BumiAksara.

“Hasil Observasi Pada Tanggal 07 Januari 2020, Di TK Bintang Cendekia Kota Pekanbaru.,” n.d.

“Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184—192.”

“Indhaka, Dkk. (2016). Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Android Dalam Materi Ajar Besaran Dan Satuan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 17 (2) : 1-8.”

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

“Khadijah. (n.d.). Pengembangan Kreativitas Dalam Teknologi Pembelajaran. Al-Ta’lim Journal,453—460.”

Latif, Mukhtar. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Mardianto. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Muchlis, Mudlofir, Ali. (2015). Desain Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursid. (2015). Belajar Dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Yeni. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.

“Sartika M. Taher, Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Jurnal Pendidikan. 2 (4), 37-38.”

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. Dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Saurina, Nia. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality.” Jurnal IPTEK 20, no. 1 (June 14, 2016): 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27.

“Sung,Yao-Ting, Chang, Kuo-En, Liu, Tzu-Chien. (2016). The Effects of Integrating Mobile Devices WithTeaching and Learning on StudentsLearning Performance: A Metaanalysis and Research Synthesis. Journal of Computers & Education 94 Page 252e275,” n.d.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Puspawati, D., & Suyadi, S. (2022). Teknologi Augmented Reality dalam Mengembangkan Kreativitas pada Anak Usia Dini pada Masa Covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 87–92. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.324

Issue

Section

Research Articles

Citation Check