Pengembangan Aplikasi Mengenal Hewan Ternak untuk Stimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Felisia Gusti Pangestu Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Deri Hendriawan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Roby Naufal Arzaqi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.688

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah penting untuk di stimulasi sejak dini agar anak dapat menyelesaikan masalah secara mandiri. Berdasarkan pra observasi kurangnya pemanfaatan media digital dalam pembelajaran, sehingga Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah design and development (D&D) dengan model pengembangan Allesi & Trollip, terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Sumber data berupa angket, observasi, dan wawancara. Partisipan penelitian ini diantaranya validator media, materi dan guru. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa aplikasi edukasi. Hasil validasi media 1&2 memperoleh sebesar 96% dan 98%, validasi materi 1&2 sebesar 100% dan 97,6% dan uji usability dari kelima aspek mendapat interpretasi sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi MENERNAK (Mengenal Hewan Ternak) sangat layak digunakan oleh anak 5 untuk menstimulasi kemampuan pemecahan. Guru dapat menggunakan aplikasi ini untuk media pembelajaran yang menyenangkan.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Gusti Pangestu, F., Hendriawan, D., & Arzaqi, R. N. (2024). Pengembangan Aplikasi Mengenal Hewan Ternak untuk Stimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 517–528. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.688

Issue

Section

Research Articles

Citation Check